Kelanjutan Terapinya Sakha

Assalamualaikum! Jadi seperti yang sudah diceritain di blog ini, Sakha diterapi kan. Oh ya yang gue ceritain ini kegiatan dua tahun lalu intinya sebelum corona menyerang. Jadi awalnya Sakha direkomendasikan terapi sensori integrasi, karena gangguan bahasa ekspresifnya karena masalah sensori. Mulai terapi dari umur 2 tahun 2 bulan detailnya. Nah, seiring berjalan waktu pas dia umurnya 3 tahun jadi divariasiin terapinya selang seling antara table top activity dan Sensori integrasi.

Kalau sensori integrasi terapinya bareng-bareng ruangannya pun luas, nah table top tuh di ruangan kecil, sendiri dan pake meja kursi jadi gak bisa tuh jungkir balik khayang lari-lari. Jujur awalnya sempet khawatir. Duh Sakha bisa gak yah…takutnya gak mau karna sendirian, ruangannya pun beda. Tapi untungnya awal pindah terapi kan okupasinya masih sama Om yang biasa terapiin SI jadi yaaa gak susah cuma bujuk Sakha pindah ruangan naik ke lantai atas klinik Check My Child Kayu Putih.

Ini lagi terapi sensori integrasi

Ini table top

3 bulan terapi Okupasi, di evaluasi akhirnya dibilang coba ganti terapis ama yang lain. Kyaaaa…huhu kembali deg degan. Jujur, Sakha agak susah adaptasi dengan orang baru. Cuma ya gak nolak ampe tantrum ngamuk-ngamuk sih. Dia lebih ke malu, kabur, ga mau natap orang itu dan diem aja jatohnya. Awalnya butuh adaptasi sih ama tante terapisnya yang baru. Tapi so far Sakha mau mau aja masuk ruangan. Dan aman gak pernah nangis selama sejam di dalem.

Bedanya apa sih SI ama table top? Kalau terapi sensori integrasi lebih untuk benerin sensori integrasinya jadi stimulus dari indera masuk ke otak sinkron dengan gerakan tubuhnya. Kalau table top lebih untuk stimulus motorik halusnya. Karna Sakha umur 4 tahun rencananya mau sekolah jadi selingin table top supaya ngelatih atensi, konsentrasi, fokus, latihan duduk tenang, motorik halus, kemandirian, dan persiapan akademik. Jujur Sakha dulu tuh gak bisa duduk diem. Kalau playdate kaya ada paku di pantatnya, gak bisa anteng. Tante gurunya nerangin apa dia mah mau-maunya sendiri ngapain. Terus kalau pegang pensil otot tangannya masih lemah jadi kalau nyoret-nyoret ngambang pensilnya gak jelas warna pensil atau pulpen di kertas.

Table top itu ngapain aja? yang pasti anak duduk di kursi berhadapan sama meja kaya di foto di atas. Ya sebenernya kaya anak lagi sekolah di kelas gitu sih atau lebih tepatnya les privat hehe. Kegiatannya mewarnai objek, merobek, meronce, gunting-gunting tempel-tempel, main playdough, puzzle dll. Oh iya, siapa tau ada yang mau main ama anak di rumah, ini beberapa ide table top acitivities

Sebenernya di Klinik anakku ada banyak ya terapinya. Bahkan gue pernah liat anak cewe yang ngomongnya lancar kok diterapi, ternyata dia floor time karna ada delay perkembangan karna dia lahir prematur. Nah ini beberapa terapi yang bisa dilakukan di klinik check my child (anakku)

  • Terapi Sensory Integration
  • Terapi Perilaku dengan Verbal Behavior
  • Terapi wicara dan gangguan oral-motor
  • Terapi okupasi
  • Terapi remedial
  • Fisioterapi

Tapi berhubung sekarang Corona, kliniknya gak buka 😦 tapi mereka buka terapi online dan webinar2 free seputar tumbuh kembang anak, kalau ada yang mau nanya-nanya atau pengen coba terapi online japri aja ya nanti ku info nomer wa si klinik check my child hehe.

Anyway, Setelah 3-4 bulan selang seling terapi, sakha di evaluasi dan alhamdulillah si tiap evaluasi ada progress. Makanya pas mutusin pindah rumah, berani untuk ijin lulusin diri. Jadi Sakha diterapi dari umur 2 tahun dan ngelulusin diri di umur 3 tahun 7 bulan. Perkembangannya ada banget, bahkan dari dua bulan terapi Sakha beneran jadi banyak perkembangan bahasa. Malah sekarang cenderung cerewet gak bisa diem lambene. haha.

Kaya yang selalu gue bilang ke yang nanya, kalau ditanya ngapain aja selama terapi? ya slain terapi tentu konsisten kerjain PR di rumah. Cape? Iya 😦 Musti tetep stimulus ajak main, tapi at least dalam seminggu ada ajak main yang stimulus dia. Mainnya juga ya yang ada aja di rumah. Bikin playdough dari terigu, sendokin beras, sendokin terigu, nyuci sepeda, nyuci mainan, dll. Paling enggak, gak diem di rumah terus, kalo males ngajak main di rumah ya sore keluar jalan jalan. Beli es kelapa jajan gorengan kek, jajan alfamart kek, liatin ikan di got kek, metikin taneman yang kena air mletek2 kek, biar ketemu orang, nambah perbendaharaan kata.

Soal gadget, Sakha gak dikasih main HP (main games) tapi masih nonton youtube kadang dan gak boleh dia pegang HPnya harus ditarok. Sempet jadi masalah juga soal nonton youtube ini. Tadinya kita pake sebagai senjata kalau lagi di luar rumah dan Sakha rewel. Tapi kok jadinya dia nyebelin dan ketergantungan gitu. Alhasil kata psikolognya boleh nonton youtube tapi dijadiin sebagai reward. Boleh nonton kalau udah makan atau ngerjain hal yang jadi kewajiban dia. Kalau Nonton TV? masih tapi cuma baby first aja dan sehari sejam waktu sore doang. Selain itu kegiatan Sakha antara lain, berenang, main ke taman mulu, pokoknya asal anak jangan diem aja ngejogrok gitu. Sakha sempet rutin juga sebulan dua kali playdate di sekolah montessori islami gitu. Kegiatannya main-main stimulus sensori aja. Dari jalan di tiang titian sampe main basah-basahan.

Dan.. history Sakha terapi ini tentu aja jadi bahan acuan untuk nentuin sekolah TKnya nanti. Berati kan…gak bisa sekolah terlalu berisik, ramai. Berarti lagi anaknya gak bisa 1 kelas terlalu banyak anak karna Sakha gampang banget ke distract dan jatohnya jadi pelupa. Jadi lupa mau ngapain atau lagi ngelakuin apa. Lokasi sekolah juga ga bisa di pinggir jalan karna bakal berisik lalu lalang kendaraan. Plus, gue gak mau masukkin ke TK yang nyambung SD SMP dst karna pasti lebih rame kan *padahal kan lebi murah ya ada diskonan*

Nah, soal pencarian TK di Tangsel ini akan daku post di kesempatan lain! Makasih yang sudah baca, sumpah gak nyangka ada yang baca blog ini trus DM-DMin aku. Salam kenal semua, semangat terus dampingin anaknya tapi kalau cape boleh rebahan break hehe yang gak boleh itu denial ya..dengerin kata hati kalau ngerasa ada yang gak beres ama anak kita, yuk cari bantuan.

Leave a comment