Anak Speech Delay, Harus Gimana ya?

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman cetek gue aja ya hehe karna melihat banyak yang bingung ketika anaknya dirasa kena Speech Delay atau sekedar nanya soal terapinya Sakha.

1. Tau anak memang speech delay dari mana? Indikatornya apa?

Speech delay artinya telat ngomong. Jadi nanti akan bisa ngomong sendiri umur 2 atau 3 tahun, langsung banyak kata yang keluar. Ya late bloomer aja atau syaraf di otaknya belum mateng. Kalo udah masuk gangguan bahasa bisa jadi ada penyebab di belakangnya (misal sensory bermasalah, ASD, ADHD, ADD, autism, cebral palsy, dll). Baiknya segera dibantu intervensi oleh profesional di bidangnya.

Namanya orang tua apalagi seorang Ibu pastilah tau kalo ada yang gak beres ama tumbuh kembang anaknya. Taunya dari mana? Ya paling sederhana cek tumbang anak pake denver II. Ada keterlambatan atau engga. Sedangkan red flags untuk kemampuan bahasa anak adalah:

  1. Tidak ada babbling, menunjuk ketika menginginkan sesuatu (berkomunikasi dengan orang lain) atau mimik yang baik pada usia 12 bulan
  2. Tidak ada kata pada umur 16 bulan
  3. Tidak ada 2 kata spontan pada umur 2 tahun
  4. Hilang kemampuan bicara atau kemampuan sosial pada semua umur

Kalo gue sendiri kenapa ampe bisa nyimpulin Sakha baiknya diintervensi antara lain karna Sakha ga ngebeo kaya anak lain, kemampuan bahasa dia on off kadang ada kata bisa diucapin next days ga bisa lagi, umur dua tahun ga sampe 20 kata sedangkan anak temen seumuran dia udah ngomong bentuk kalimat dan jelas pengucapannya atau Prof Hardiono bilang malah 200 kata, suka jalan jinjit, ngeces padahal ga lagi tumbuh gigi, sering gemas cubit remes orang lain, ga nyaman sama pasir dan suara kenceng, sering jatuh, kalo makan berat dikasi lauk kering dia nolak jadi emaknya curiga ada yang ga beres ama sensorinya. Kecurigaan ini ada karna emaknya baca memang ada kaitan antara gangguan bahasa dan masalah sensorik integrasi.

Tadinya sempet ragu mau terapi apa sekolahin aja. Alhamdulillah ada temen yang sharing dan bikin yakin untuk diterapi aja karna masalah sensori ini ga cuma ngefek di gangguan bahasa bisa ke perilaku dan gangguan belajar juga.

2. Kalo uda ada feeling anak terindikasi masalah kemampuan bahasa harus gimana?

Jangan denial. Hehe. Mikir, “Ah nanti juga bisa sendiri, orang dulu perasaan gak ada deh periksa2 ke klinik tumbuh kembang” atau “ah sekolahin aja lah biar bisa ngomong“. Gak semua anak bisa diberikan solusi begitu. Kasian kan kalo ternyata sensorinya bermasalah, atau kita emaknya clueless harus distimulasi gimana atau ADD, ADHD atau malah ada spektrum autis tapi ortunya denial atau gak sadar? Again, efeknya ga cuma sekedar gangguan berbahasa tapi perilaku, prestasi di sekolah juga bisa pengaruh.

Cerita nyata nih, temen gue anaknya mogok sekolah. Ternyata ada masalah sensori (ga mau pegang pensil) padahal gak ada masalah sama ngomongnya. Ada juga cerita dari sisi sekolah. Ada orang tua yang sekolahin anaknya yang spesial ke sekolah biasa. Alhasil di sekolah ga bisa ngikutin. Yang ada naik meja, lari ke sana kemari, parahnya guru di sekolah regular gak punya bekal dong untuk hadepin anak tersebut. Bahkan temen gue yang anaknya susah konsen doang pun ternyata pernah ikut terapi anaknya. Ya padahal anaknya terlihat sangat amat normal cantik dan pintar. Karna hal-hal sepele kaya gitu bisa ngaruh ke attitude ke kepribadian anak dan kebawa sampai gede nanti.

Kalo udah legowo, bisa googling untuk soal klinik tumbang atau RS yang bisa provide assessment tumbang. Bisa ke dokter spesialis tumbuh kembang anak, sub spesialis neurologi, psikolog anak. Kalo bisa sih langsung ke dokter atau psikolog yang udah ada di klinik atau RS yang ada jadwal terapinya juga.

Tadinya gue mao coba screening tumbang di klinik psikolog gitu tapi nanya dulu bakal dapet smacem surat jalan atau rujukkan gak kalo ternyata diperlukan terapi atau tindakan selanjutnya. Ternyata gak dapet cuma bakal di email hasilnya aja. Yah berati kalo mau terapi ulang lagi. Jadi akhirnya makin mantep ke klinik anakku karna lumayan terjangkau juga jaraknya.

Nabung. Serius deh makan anggaran bulanan banget bagi rakyat kaya gue. Hehe. E tapi jangan sedih, terapi ini bisa pake BPJS juga.

3. Cara terapi pake BPJS gimana?

Sejujurnya gue ga banyak tau soal ini tapi dari baca-baca kira-kira begini: Periksa di faskes dulu ceritain keluhannya apa, nanti dikasih surat rujukan ke RS yang terima pasien terapi pake BPJS (sependek pengetahuan gue hermina, RSCM pav kencana bisa) Langsung hubungin RS rujukkan nanya-nanya, daftar deh. Biasanya di observasi dulu dan sekarang wajib kasih hasil test BERA, antri jadwal terapi baru bisa terapi. Nanti per berapa bulan akan dievaluasi dokter rekam medik or something. Buat info yang lebih jelasnya coba googling aja ya udah banyak yang nulis hehe.

Tadinya pengen pake BPJS tapi daftar dari november ampe sekarang aja ga ada dihubungin RSnya :))) udah gitu males tes BERA karna horor plus menurut kesotoyan gue Sakha ga ada masalah ama pengengarannya. Jadi kaya ngulur2 ga sih semua diwajibkan test BERA padahal belom tentu sebabnya itu.

3. Proses tahapan periksa anaknya gimana sampe akhirnya terapi?

Kalo sepengalaman ama Sakha ya diobservasi dulu ya ga ujuk-ujuk disuruh terapi ABC. Observasinya juga dua kali. Sama orang yang berbeda. Pertama psikolog anak, kedua sama terapis dan dokter. Sama psikolog anak sekitar sejam ama terapis juga sejam tapi di hari yang berbeda. Observasinya ya anak diajak main aja diajak interaksi.

Jangan percaya ya baru ketemu 5 menit uda dikasi diagnosis macem-macem. Apalagi memvonis anak ASD. Bahkan untuk diagnosa autis ampe perlu cek kromosom kalo gak salah.

4. Apa semua anak yang punya gangguan bahasa terapinya pake terapi wicara?

Belum tentu. Sakha disuruhnya terapi sensori integrasi. Tergantung kasus masing-masing anak gak bisa disamakan. Jadi jangan suka komen,“oh anaknya diterapi wicara aja kaya anakku deh. Nanti lama-lama bisa ngomong” bikos apa yang berhasil di kita belom tentu berhasil dan cocok untuk orang lain.

Jenis terapinya juga banyak soalnya. Ada sensori integrasi, behaviour theraphy, okupasi, fisioterapi, terapi remedial, speech theraphy, dll sampe ada yang berenang sama lumba-lumba itu juga ada.

5. Berapa lama terapinya?

Gak bisa dipatokin berapa lama tergantung gimana perkembangan anaknya selama diterapi. Anaknya temen gue baru lulus terapi setelah 3 tahun. Kalo Sakha baru 3 bulan dan baru mau evaluasi sama psikolognya tapi so far perkembangan bahasanya maju banget.

6. Kegiatan terapinya ngapain aja?

Kalo Sakha kegiatannya ya main aja terapinya. Bebas main semua yang ada di ruang terapi yang bagaikan playground. Monmaap taunya cuma terapi SI karna yang lain belum pernah ngejalanin hehe. Tapi kalo terapi wicara kayanya lebih main-main yang stimulus oral motornya ya? Ya gak sih? Haha sotoy. Pernah liat anak terapi wicara ampe dipijet pijet mukanya.

Yang pasti ga bisa andelin sesi terapi aja. Tapi wajib dikerjain juga PR di rumah untuk kasih stimulus yang dicatetin terapisnya.

Pertanyaan lain, sila di googling uda banyak kayanya yang bahas soal speech delay atau kalo mau tanya tentang terapi jadwal and everything bisa ke beberapa klinik atau terapi di sekitar jakarta ini.

Klinik Anakku Klp Gading
021-4529498
Jl. Raya Mandiri Tengah Blok M4D Kav 1-2 kelapa gading jak Ut 14240

Klinik Check My Child Kayu Putih 021-47864537
Jl. Kayu Putih Selatan 74, Jakarta Timur 13210
Dia ada banyak cabang bisa cek yang lainnya di sini atau di sini

Klinik Pela 9
021-7205132
Jl. Kramat Pela No.9 Kebayoran Baru, Jak Sel (

Punya cabang lain juga, bisa cek di sini)

Klinik Yamet Cilandak
021-7659839
Jl. H. Ismail No.30 Cilandak, Jak Sel 12430
(Dia juga punya banyak cabang, googling aja ya karna ga ada websitenya hehe)

Klinik RHE Rawamangun
021-4258113
Jl. Rawamangun No.60 Pramuka, Rawasari, Jak Pus

Hompimpa Center
0856 818 6024 / 021-8244 0377
Perum Puri Nusaphala blok A no.25 Jati Asih – Bekasi

(blognya hompimpa center)

Pegel yeah copy paste satu-satu. Klinik lainnya bisa baca-baca di sini yah

Klinik Tumbuh Kembang di Indonesia

Daftar Klinik atau Tempat Terapi di Jkt

Selain klinik mandiri beberapa RS juga ada klinik tumbuh kembangnya atau bisa terapi. Sependek pengetahuan gue ada RS. Hermina, RS. Satya Negara (terapi wicara aja) RSCM Pav Kencana, RS. Brawijaya, RS. Bunda, dll jadi silakan googling yah hehe pegel ugak nyalin atu-atu di sini. Oh, klinik tumbuh kembang ini ga cuma bisa untuk terapi tapi biasanya buka layanan untuk konseling, psikotes, test IQ, dll juga. Okeh. Sekian dan terima transferan 😄

Leave a comment